my daily activity

Minggu, 04 Mei 2014

Malas Membaca!

   


   Sungguh sebuah "kesayangan" jikalau Pendidikan hanya mengedepankan keberhasilan siswa dalam "test". Sekolah-sekolah hanya terfokus dengan bagaimana membuat angka kelulusan dapat meningkat. Kesalahan yang terjadi adalah Sekolah terlalu fokus dengan hasil dari test tersebut sehingga prosesnya terlupakan. 

     Siswa terus dituntut untuk mendapatkan hasil terbaik dalam setiap test, tapi mereka tidak pernah diperhatikan masalah membaca mereka. Padahal pengetahuan berasal dari membaca, sungguh sayang bisa terjadi demikian. 

     Kata-kata yang muncul dari siswa adalah " Saya malas membaca", kata-kata itu akan akrab dijumpai oleh para guru. Mungkin ini termasuk dosa besar para pendidik kita. Tapi ini adalah sebuah sistem, kesalahannya ada pada semua komponen pada sistem itu.

     Hal kecil yang dapat kita lakukan adalah kita ciptakan membaca rekreatif yang menyenangkan. Dalam situasi rumah misalnya janganlah melarang anak saat menonton TV. "Malam ini kamu tidak boleh menonton TV!" tapi cobalah "Kamu bisa menonton TV nanti setelah kamu selesai membaca Buku itu". Jangan sampai terjadi membaca karena terpaksa, membaca harus pada kondisi yang menyenangkan. Membaca untuk Relaksasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyrights @2012

Bahrul Ulum
All rights reserved