my daily activity

Senin, 22 September 2014

Tujuan Bimbingan Konseling


1.    Tujuan Umum
Tujuan umum bimbingan dan konseling pada dasarnya adalah untuk membantu individu memperkembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi yang dimilikinya (kemampuan dasar dan bakat-bakatnya), berbagai latar belakang yang ada (latar belakang keluarga, pendidikan, status social ekonomi), serta sesuai dengan tuntunan positif lingkungannya. Bimbingan dan konseling membantu individu untuk menjadi insan yang berguna dalam kehidupannya yang memiliki berbagai wawasan , pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian, dan keterampilan yang tepat.
Dengan tercapainya tujuan umum tersebut maka individu akan menjadi insan yang mandiri yang memiliki kemampuan untuk memahami diri sendiri dan lingkungannya secara tepat dan obyektif, positif dan dinamis, mampu mengambil keputusan secara tepat dan bijaksana, mengarahkan diri sendiri sesuai dengan keputusan yang diambilnya itu, hingga akhirnya mampu mewujudkan diri sendiri secara optimal.
Pencapaian tujuan umum bimbingan dan konseling dalam rangka pengembangan perwujudan keempat dimensi kemanusiaan individu, yang meliputi : dimensi keindividualan, dimensi social, dimensi kesusilaan, dan dimensi keberagamaan.
Perkembangan dimensi keindividualan memungkinkan seseorang mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya secara optimal. Perkembangan dimensi kesosialan memungkinkan seseorang berinteraksi , berkomunikasi, bergaul, bekerjasama dan hidup bersama orang lain.
Dimensi kesusilaan memberikan warna moral terhadap perkembangan dimensi pertama dan kedua. Norma, etika, dan berbagai ketentuan yang berlaku mengatur bagaimana kebersamaan antar induvidu seharusnya dilaksanakan. Tanpa dimensi kesusilaan, maka berkembangnya dimensi keindividualan dan kesosialan akan tidak serasi, bahkan yang satu cenderung menyalahkan yang lain.
Dalam dimensi keagamaan, manusia selalu menghubungkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia mengaitkan secara serasi, selaras, dan seimbang kehidupan dunianya itu dengan kehidupan akhirat.

2. Tujuan Khusus
            Tujuan khusus bimbingan dan konseling merupakan penjabaran tujuan umum yang dikaitkan langsung dengan permasalahan yang dialami individu yang bersangkutan, sesuai kompleksitas permasalahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyrights @2012

Bahrul Ulum
All rights reserved