my daily activity

Rabu, 08 Oktober 2014

Metode Pendidikan

Metode adalah cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode pendidikan adalah cara-cara yang dipakai oleh orang atau sekelompok orang untuk membimbing anak/ peserta didik sesuai dengan perkembangannya ke arah tujuan yang hendak dicapai. Metode pendidikan tersebut selalu terkait dengan proses pendidikan, yaitu bagaimana cara melaksanakan kegiatan pendidikan agar tercapai tujuan pendidikan.
Untuk memilih metode yang tepat dalam proses pendidikan perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :
a.       Tujuan yang hendak dicapai
b.      Kemampuan pendidik
c.       Kebutuhan peserta didik
d.      Isi atau materi pendidikan.
Tujuan pendidikan yang hendak dicapai antara negara yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Hal ini dikarenakan tujuan pendidikan suatu negara mempunyai ciri tersendiri. Tujuan tersebut tidak bisa lepas dari tujuan negara yang akan dicapai. Dalam Undang – Undang Republik Indonesia tahun 2003 pasal 4 disebutkan tujuan pendidikan nasional “.
Metode pendidikan harus pula disesuaikan dengan guru/ pendidik. Guru yang tidak menguasai praktek lapangan, misalnya menyepak bola (FPOK), memasang batu bata (FPTK-Jurusan Bangunan), menari (Seni Tari FBS), maka sebaiknya guru/ pendidik tersebut tidak menggunakan metode pemberian contoh. Metode pemberian contoh akan dilaksanakan oleh guru/ pendidik jika guru tersebut menguasai bidang praktek lapangan.
Kebutuhan peserta didik merupakan faktor yang pertama harus diperhatikan, karena peserta didiklah yang paling berkepentingan dalam proses pendidikan. Guru/ pendidik haruslah memperhatikan bakat, minat, sikap, dan kemampuan peserta didik. Bagi peserta didik yang kemampuannya di bawah rata-rata tentunya guru harus lebih banyak membimbing dan membri contoh pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan. Kebutuhan peserta didik tidak akan lepas dari perkembangan peserta didik itu sendiri.
Isi atau materi pendidikan ikut pula menentukan metode pendidikan yang akan digunakan. Isi atau materi pendidikan yang meliputi nilai-nilai, keterampilan dan pengetahuan, humaniora dan kewarganegaraan mempunyai kecenderungan metode pendidikan yang berbeda. Nilai-nilai lebih banyak pada metode pemberian contoh dan nasehat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyrights @2012

Bahrul Ulum
All rights reserved